Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Papan Harga Elektronik dan Troli Buruh Gendong di Pasar Tradisional

Kompas.com - 24/12/2012, 02:36 WIB

Solo, Kompas - Pembeli dan pedagang perlu sama-sama mendapat perlindungan. Papan elektronik informasi harga di pasar tradisional bertujuan melindungi pembeli dari permainan harga. Di sisi lain, adanya kepastian harga juga dapat mengundang pembeli semakin mantap memilih pasar tradisional sebagai tempat belanja.

”Papan elektronik ini untuk memperluas akses informasi kepada masyarakat agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi harga antara pedagang dan konsumen. Dengan demikian dapat tercipta harga yang wajar dan efisien karena kedua belah pihak memiliki kualitas informasi yang sama,” kata Kepala Kantor Perwakilan Kantor Bank Indonesia Solo Doni P Joewono seusai peresmian papan elektronik informasi harga yang dihadiri Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Jumat pekan lalu.

Papan ini sudah beroperasi dan bisa dilihat langsung warga yang hendak masuk ke pasar. Sejumlah harga komoditas yang berada di pasar itu bisa dilihat di atas bagian atas pintu masuk pasar.

Rekomendasi

Keberadaan papan elektronik informasi harga ini merupakan rekomendasi dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo yang ditindaklanjuti oleh Dinas Pengelolaan Pasar Kota Solo dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo.

Papan ini dipasang di dekat pintu masuk utama Pasar Gede. Dalam waktu dekat, papan serupa dipasang di Pasar Legi, yang merupakan pasar induk di Kota Solo.

”Dua pasar ini yang menjadi barometer harga pasar tradisional di Kota Solo,” tutur Doni.

Selain itu, Doni yang juga Sekretaris TPID Kota Solo mengatakan, pemasangan papan elektronik informasi harga ini sebagai upaya untuk mengendalikan inflasi.

Tahun 2011, Solo mencapai tingkat inflasi sangat rendah, yakni 1,93 persen, dan TPID Kota Solo mendapat penghargaan dari Presiden sebagai pengendali inflasi terbaik di wilayah Jawa.

Harga fluktuatif

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com