Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tercenung Lihat Banjir Rendam Rumah Warga

Kompas.com - 24/12/2012, 11:46 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memantau banjir di Bidara Cina, Jakarta Timur. Bersama istrinya, dia tercenung melihat kondisi rumah warga.

Tiba di Bidara Cina, Jokowi dan rombongan langsung menuju ke Sasana Krida Karang Taruna, tempat pengungsian banjir di Bidara Cina. Tak ada kata yang terucap dari Jokowi, kecuali derap kakinya menyusuri sepanjang jalan RT 013/RW 011.

Jokowi termenung melihat genangan air yang sudah merendam sejumlah rumah warga. Berdasarkan pantauan, genangan air itu sudah sampai sepaha orang dewasa.

Sejumlah warga tampak sedang menyelamatkan barang-barang elektronik mereka. Ada pula yang membersihkan halaman rumahnya dari genangan banjir. Sementara warga yang rumahnya tidak tergenang air hanya duduk-duduk di pinggir jalan.

Sofyan, Camat Jatinegara, mengatakan, banjir yang menggenangi daerah rumahnya merupakan banjir kiriman dari Bogor sejak semalam. "Kemarin, jam 16.00 WIB, ketinggian air di Katulampa sudah 180 meter," kata Sofyan.

Sebanyak 4 RW terendam banjir. Sofyan mengatakan, RW yang paling parah terendam banjir adalah RW 7 dan RW 11. Sebanyak 2.500 jiwa terdeteksi terendam banjir.

Adapun bantuan dari Pemprov DKI, kata dia, sudah tersalurkan. "Pagi-pagi sudah mendapatkan kiriman berupa makanan, bubur kacang hijau. Nanti makan malam, warga yang akan memasak sendiri di Dapur Mandiri. Perahu juga sudah ada dari PMI, Satpol PP, dan BNPB," kata Sofyan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com