Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Rumah di Bukti Duri Terendam Banjir

Kompas.com - 24/12/2012, 13:00 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Luapan air dari Kali Ciliwung sejak Senin (24/12/2012) pagi ini merendam ratusan rumah di Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Ketinggian air bahkan hingga 2 meter dan nyaris merendam seisi rumah. Abu Hasan (74), warga setempat, mengatakan, banjir terparah dialami oleh hampir seluruh RT di RW 010 Kelurahan Bukit Duri. Hanya RT 15 saja yang terselamatkan dari banjir. Sisanya, ratusan rumah warga terendam hingga mencapai 2 meter.

Gunawan (39), warga RW 011 RT 04, menuturkan, rumah warga mulai terendam sejak pukul 04.00 pagi tadi. Ketika itu, luapan air Kali Ciliwung langsung masuk dengan derasnya. Mulai pukul 06.00, rumah Gunawan pun sudah tergenang hingga setinggi paha. Menurutnya, banjir ini merupakan banjir kiriman dari Depok dan Bogor.

"Setiap tahun di sini memang banjir, tapi semakin ke sini semakin parah karena dampaknya semakin luas," ucap Gunawan saat dijumpai di lokasi.

Lantaran sudah terbiasa dengan kondisi tersdebut, warga setempat pun sudah mengevakuasi seluruh harta bendanya sejak malam harinya. "Saat ini, kami semua mengungsi di Kelurahan Bukit Duri," katanya.

Meski demikian, warga tetap masih berada di sekitar rumahnya untuk menjaga harta benda tersisanya. Beberapa warga juga tampak membereskan barang-barangnya membawa ke lantai yang lebih tinggi. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo juga mengunjungi lokasi tersebut. Ia juga sempat berdialog dengan warga dan menyerahkan bantuan uang tunai dan beras hingga 3 ton.

Berita terkait banjir Jakarta dapat diikuti dalam topik:
Banjir Rendam Jakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com