Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pak Jokowi, Kami Butuh Solusi!"

Kompas.com - 24/12/2012, 13:16 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Bidara Cina, Jakarta Timur, menjadi kesempatan warga untuk curhat kepada Jokowi. Mereka meminta Jokowi mencarikan solusi banjir yang kerap datang di daerah mereka.

Hal ini diungkapkan warga saat melihat Jokowi bersama Iriana dan wali Kota Jakarta Timur HR Krisdianto sedang berada di atas perahut karet. Mereka tengah meninjau rumah-rumah yang terendam banjir kiriman dari Bogor.

Ceritanya, setelah sepuluh menit melihat banjir, seorang warga menawari Jokowi untuk naik ke sebuah getek yang terbuat dari seng. Namun, warga yang mendampingi Jokowi mengimbau Jokowi untuk naik perahu karet yang lebih memadai.

Kemudian, dua perahu karet yang cukup besar datang. Satu perahu digunakan untuk para wartawan, dan satu perahu digunakan oleh Jokowi, Iriana, Wali Kota Jakarta Timur HR Krisdianto, dan beberapa warga setempat.

Selama berkeliling lokasi banjir, Jokowi sempat menyapa warga yang tidak mengungsi dan memilih berada di lantai dua rumah mereka. Berdasarkan pantauan, banjir di Bidara Cina sudah sampai se-paha orang dewasa. Warga setempat menyapa Jokowi dan mereka meneriakkan keinginan mereka dan harapan-harapan mereka kepada Jokowi.

"Pak Jokowi, sampai kapan ini Pak surutnya? Kami butuh solusinya! Tolong kalinya dibangun supaya tidak banjir terus- terusan," ujar salah seorang warga yang bertahan di rumahnya.

Mendengar itu, Jokowi hanya melambaikan tangannya sambil tersenyum dan meminta warga untuk bersabar. "Ya, sabar ya, Bu. Nanti kami cari solusinya," kata Jokowi.

Sebelumnya, Camat Jatinegara Sofyan mengatakan, banjir yang menggenangi daerah rumahnya merupakan banjir kiriman dari Bogor sejak semalam. "Kemarin jam 16.00 WIB ketinggian air di Katulampa sudah 180 meter," kata Sofyan.

Sebanyak 4 RW yang terendam banjir. Sofyan mengatakan, RW yang paling parah terendam banjir adalah RW 7 dan RW 11 dan sebanyak 2.500 jiwa yang terdeteksi terendam banjir. Adapun, di RW 11 terdapat sembilan RT yang terendam banjir yang tingginya mencapai 200 sentimeter yaitu RT 3, 5, 6, 9, 10, 12, dan 13.

Bantuan dari Pemprov DKI, kata dia, sudah tersalurkan. "Pagi-pagi sudah mendapatkan kiriman berupa makanan, bubur kacang hijau. Nanti makan malam, warga yang akan memasak sendiri di Dapur Mandiri. Perahu juga sudah ada dari PMI, Satpol PP, dan BNPB," kata Sofyan.

Kunjungan Jokowi ke Bidara Cina hanya sekitar 30 menit. Setelah itu, Jokowi langsung tancap gas menuju lokasi banjir berikutnya, yaitu Bukit Duri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com