Kompas.com - 24/12/2012, 14:11 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Banjir kiriman yang terjadi di Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, pada Senin (24/12/2012) pagi, telah membuat lebih dari 4.000 jiwa mengungsi dari rumahnya. Mereka adalah warga yang rumahnya terendam banjir di tiga RW di kelurahan itu. Ketua RW 010 Kelurahan Bukit Duri, Cecep Wagiman, mengatakan, tiga RW yang terkena dampak banjir kiriman adalah RW 09, 010, 011.

"Untuk RW 010 sendiri, ada 1.080 KK dengan jumlah jiwa mencapai 4.000 jiwa," ucap Cecep, Minggu siang, saat dijumpai di lapangan.

Cecep menuturkan, jumlah itu lebih besar jika harus ditambah dengan dua RW lainnya. Di Bukit Duri, satu RW memiliki jumlah 3-15 RT. Setiap RT-nya disesaki oleh sekitar 300 KK. Lokasi Bukit Duri ini merupakan wilayah padat penduduk. Lokasi permukimannya pun berada tidak jauh dari Kali Ciliwung yang kini ketinggiannya sudah hampir menyentuh pagar pembatas. Menurut Cecep, setiap tahunnya, kawasan ini memang kerap dilanda banjir kiriman.

"Tapi, sepanjang tahun 2012 ini, banjir kiriman saat ini yang paling parah," ujarnya.

Menurut Cecep, kawasan paling parah terendam banjir di RW 010 adalah RT 04, 08, 09, 010, 011, 012, 015. Ketinggian di tempat itu mencapai dua meter dan nyaris merendam seisi rumahnya. Sebagian besar warga kini sudah diungsikan ke Kelurahan Bukit Duri. Namun, beberapa di antaranya masih tampak berada di rumahnya masing-masing sambil menyelamatkan harta benda ke tempat yang lebih tinggi.

Tiga buah perahu karet bantuan dari Dinas Sosial DKI Jakarta, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, serta Satpol PP juga sudah dioperasikan di lokasi. Perahu karet ini digunakan warga untuk transportasi di wilayah banjir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.