Kompas.com - 24/12/2012, 14:13 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga yang terkena banjir di Pos Pengumben Lama masih tetap siaga. Pasalnya, air dari Bogor dikabarkan akan kembali mengalir menuju Kali Pesanggrahan dan berimbas pada banjir di pemukiman rumah warga.

"Kita masih siaga saja jagain air. Saya dari jam 2 malem belum tidur-tidur, takutnya air datang lagi," kata Dani, warga jalan Pos Pengumben Lama, RT 04/05 Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat di rumahnya, Senin (24/12/2012).

Khadijah, Ibu RT 04/05 mengatakan, warga yang tinggal di samping Kali Pesanggrahan memang sering terkena banjir. Pada bulan November lalu, daerah tersebut juga tergenang banjir kiriman dari Bogor. Saat banjir bulan lalu, Camat setempat memberikan dana operasional selama terjadi banjir sebanyak Rp 10 juta.

Ia mengungkapkan, dana tersebut digunakan untuk keperluan saat banjir datang. Dari dana Rp 10 juta ini digunakan untuk mengganti rumah warga yang roboh sebesar Rp 1,5 juta. Sedangkan warga yang rumahnya tidak terlalu serius kerusakannya diberikan bantuan sebesar Rp 300.000.

"Masih ada dananya yang dari camat, camat bilang jangan dikasih ke warga. Suatu saat ada banjir, kan ada dana untuk membeli makan warga korban banjir. Hari ini saya juga memasakan 40 bungkus nasi untuk warga pakai uang itu," kata Khodijah.

Ia melanjutkan, untuk saat ini dana yang tersisa sekitar Rp 4 juta. Dana tersebut tetap disimpan untuk keperluan dadakan menghadapi musim hujan untuk mencegah banjir tahun ini. Diberitakan sebelumnya, air kiriman kembali menggenani perumahan warga RT 04/05 Pos Pengumben, Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Banjir tersebut mencapai ketinggian 60cm-80 cm sejak pukul 02.00 dini hari. Sampai berita diturunkan banjir belum juga surut di daerah tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.