Kompas.com - 24/12/2012, 17:06 WIB
|
EditorFarid Assifa

JAKARTA, KOMPAS.com — Banjir kiriman yang menerjang Jakarta, Senin (24/12/2012), mengakibatkan sebagian wilayah di Jakarta Timur terendam. Selain di Kampung Pulo, banjir juga mengepung kawasan Bidara Cina, Cawang, Jatinegara, Jakarta Timur. Ketinggian air mencapai 2 meter.

"Di sini (Bidara Cina, red) dari pukul 22.00 sampai jam 00.00, air sudah mulai masuk dengan ketinggian sekitar 20 cm. Sekitar pukul 05.00, ketinggian air meningkat hingga 2 meter," kata M Lintang, Ketua RW 11, saat ditemui Kompas.com di kantor RW setempat, Senin (24/12/2012).

Dia menyebutkan, sebanyak enam RT di wilayah Bidara Cina terendam banjir, antara lain RT 03, RT 06, RT 10, RT 12, RT 09, dan RT 13 dengan jumlah penduduk sebanyak 172 keluarga atau 358 jiwa.

Menurutnya, banjir terparah terjadi di empat RT, yaitu RT 06, RT 12, RT 10, dan RT 13. Di keempat RT tersebut ketinggian air mencapai 2 meter. Kata Lintang, sejak tahun 1976, Bidara Cina mengalami banjir, tetapi tidak pernah mencapai 2 meter.

Karena khawatir terbawa arus banjir, para penduduk sebagian besar mengungsi. Lintang menyebutkan, ada lokasi pengungsian warga, yakni di kantor Karang Taruna, Masjid Al Abror, dan Musala Darussalam. Rinciannya, 30 KK mengungsi di kantor Karang Taruna, 10 KK di Masjid Al Abror, dan 5 KK di musala.

Ditanya terkait bantuan, dia menyebutkan, saat ini yang sudah diterima dari kelurahan berupa mi dua dus dan beras satu karung. Dari BNPB, bantuan berupa makanan kaleng dan dari Tim SAR dua buah perahu karet. Sementara dari Dinas Sosial, bantuan berupa dapur umum. Bantuan dari Gubernur Jakarta Joko Widodo adalah beras sebanyak dua ton dan sejumlah uang.

"Kemungkinan surut jam berapa kita belum tahu, tapi mudah-mudahan cepat. Kita juga selalu pantau ketinggian volume air di Katulampa, saat ini 50 cm, Depok 155 cm, dan Manggarai 860 cm, kemungkinan kalau volume air semakin menurun, banjir akan cepat surut," tandas Lintang kepada Kompas.com, Senin (24/12/2012).

Pantauan Kompas.com di lokasi, saat ini, banjir sudah mulai surut sedikit demi sedikit. Saat ini, banjir sudah mencapai paha orang dewasa. Sebagian warga masih berada di pengungsian dan sebagian lagi memilih tinggal di rumah, terutama yang bangunannya berlantai dua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.