Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Berikan Rp 50 Juta untuk Katedral dan Immanuel

Kompas.com - 24/12/2012, 22:17 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di malam perayaan Natal, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyapa ribuan umat Kristiani yang hendak melaksanakan ibadah Misa. Bersama rombongan, Jokowi secara langsung menyapa umat Kristiani di dua rumah ibadah Kristiani, yakni Gereja Katolik Katedral dan GPIB Immanuel, di kawasan Jakarta Pusat, Senin (24/12/2012).

Di dua gereja tersebut, Jokowi memang tak memberikan sambutan secara langsung, namun dirinya menyempatkan diri menyapa, bahkan menyalami beberapa jemaat yang dijumpainya. Yang menarik perhatian adalah di akhir kunjungan, Jokowi kedapatan memberikan sebuah amplop besar untuk Gereja Katedral dan Gereja Immanuel.

Dari informasi yang dihimpun, isi dari masing-masing amplop tersebut merupakan uang tunai yang diberikan Pemerintah Provinsi DKI untuk gereja-gereja di Jakarta. Humas Pemprov DKI Aan Nurjanah menyampaikan, Jokowi memberikan uang tunai sebesar puluhan juta untuk masing-masing gereja di Jakarta.

"Pak Gubernur memberikan masing-masing Rp 50 juta untuk Gereja Katedral dan Gereja Immanuel. Sedangkan gereja di wilayah diberikan masing-masing sebesar Rp 22 juta," kata Aan melalui pesan singkatnya, Senin malam.

Dijumpai di Balaikota Jakarta, seusai berkeliling mengunjungi gereja, Jokowi menolak menyebutkan isi dalam amplop yang ia berikan tadi. Dengan singkat, mantan Wali Kota Solo ini hanya mengangkat bahunya sambil tersenyum dan berkata "enggak tahu saya".

Sebelumnya, sekitar pukul 19.00 WIB Jokowi meninggalkan Balaikota Jakarta untuk mendatangi Gereja Katedral dan Gereja Immanuel. Didampingi Pangdam Jaya Mayjen TNI E Hudawi Lubis, serta Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Putut Eko Bayu Seno SH, Jokowi menghabiskan wktu sekitar 90 menit untuk mengunjungi kedua gereja tersebut.

Lihat foto virtual reality 360 derajat Arsitektur Gereja katedral by Kompas Properti di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com