Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinas Perhubungan Siapkan Solusi Banjir

Kompas.com - 26/12/2012, 14:03 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan solusi jika banjir jalanan melanda ibu kota seperti pekan lalu. Solusi itu disiapkan agar dampak sosial dan ekonomi yang terjadi karena banjir dapat dikurangi.

Seiring dengan itu, Pemerintah Provinsi DKI tengah mencari solusi mengurangi genangan saat hujan lebat melanda. "Kami siapkan pengalihan arus di ruas jalan yang tergenang berat. Kami juga menyiapkan jalan pararel yang bisa dimanfaatkan pengguna kendaraan sebagai alternatif," tutur Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono, Rabu (26/12/2012) di Jakarta.

Namun persoalannya, tidak semua jalan pararel dapat digunakan. Menurut Pristono, petugas dihadapkan pada pilihan yang berat. Sebab hampir semua jalan pararel di Jakarta juga macet. Oleh sebab itu, katanya, yang terpenting adalah menempatkan petugas pada lokasi rawan banjir.

"Jika jalan tidak bisa dilewati, kami siapkan jalan pararel. Tetapi jika bisa dilewati, kami imbau agar berhati-hati dengan membantu menyiapkan mobil derek," katanya.

Menurut Pristono, petugas Dinas Perhubungan DKI di lokasi rawan banjir dilengkapi dengan mobil derek, rambu lalu lintas, dan alat komunikasi. Dia mengharapkan, peran dinas lain membantu genanan di jalan cepat surut. Dia mengatakan, genangan di jalanan perlu disedot lebih cepat, sehingga penanganan bisa baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com