Kompas.com - 26/12/2012, 16:14 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Tanpa sungkan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo langsung masuk ke gorong-gorong untuk mengecek kondisi gorong-gorong. Menurut Jokowi, diameter gorong-gorong terlalu kecil.

"Ya, gimana gorong-gorongnya 60 sentimeter seperti itu ya jelas kurang dong," kata Jokowi saat meninjau gorong-gorong di Bundaran HI, Jakarta, Rabu (26/12/2012).

Besaran diameter gorong-gorong itu, kata Jokowi, mungkin masih mencukupi apabila intensitas curah hujannya normal. Namun, apabila intensitas curah hujan tinggi, besar kemungkinan akan terjadi genangan di Jalan Sudirman-Thamrin seperti beberapa waktu lalu.

"Kalau hujannya normal, ya, masih bisa menampung. Namun, kalau kayak kemarin, ya, enggak mungkin menampung seperti itu," kata Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi berencana untuk memperbesar diameter gorong-gorong tersebut. Namun, pelebaran diameter itu, menurut dia, memerlukan jangka waktu yang sangat panjang.

"Masalahnya, kan, kita hanya punya waktu sehari dua hari sampai Januari (puncak hujan)," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Ery Basworo mengatakan, diameter gorong-gorong itu idealnya selebar 1 meter dan seharusnya berbentuk kotak.

"Gorong-gorong ini sudah dibuat dari tahun 1970, belum ada pembesaran sampai sekarang. Pada tahun 1970 intensitas hujannya enggak sebesar sekarang," kata Ery.

Jokowi melihat kondisi gorong-gorong itu hanya sekitar 30 menit. Tinjauannya itu cukup menarik perhatian warga sekitar dan membuat arus lalu lintas Bundaran HI menjadi sedikit terhambat.

Selain bersama Ery, Jokowi meninjau gorong-gorong turut didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono, Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah, dan Camat Menteng Bondan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.