Kompas.com - 27/12/2012, 12:02 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, banjir masih menghantui DKI Jakarta hingga 2017 mendatang. Hingga saat ini pemerintah terus berupaya untuk mengurangi masalah tahunan tersebut.

Berdasarkan data dari Kementerian Pekerjaan Umum, masih ada 78 daerah rawan genangan air di DKI Jakarta hingga saat ini. Sesuai dengan program penanggulangan banjir, pemerintah akan mengurangi daerah rawan genangan itu sebesar 60 daerah rawan banjir.

"Jadi kemungkinan masih ada tersisa 18 daerah rawan banjir di DKI Jakarta pada 2017," kata Djoko di Kementerian Perekonomian Jakarta, Kamis (27/12/2012).

Menurut Djoko, daerah yang masih rawan banjir adalah sekitar sungai besar. Sampai saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum akan merevitalisasi sungai-sungai besar di DKI Jakarta, khususnya menjaga agar air di sungai tersebut tidak meluap ke permukiman warga.

Kini, pemerintah sudah merevitalisasi sungai-sungai besar di Pesanggrahan, Muara Angke, dan Sunter. Ke depan, anak-anak sungai tersebut akan juga direvitalisasi agar tidak menimbulkan masalah baru.

Untuk sementara, revitalisasi Sungai Ciliwung masih sulit dilakukan karena masih banyak permukiman warga di bantaran sungai tersebut. Untuk bisa merelokasi warga di sekitar itu pun tidak gampang. "Sehingga cara yang paling mudah adalah tidak membuang sampah sembarangan. Jadi, sampah tidak menumpuk di sungai," tambahnya.

Selain itu, pemerintah juga akan terus membersihkan saluran drainase untuk menghindari genangan-genangan air yang ada, serta akan menormalisasi sungai dengan cara membersihkan pintu-pintu air. "Memang itu akan butuh dua tahun, dananya sudah ada, tinggal tunggu waktu saja," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.