Kompas.com - 27/12/2012, 16:48 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Majelis hakim telah menjatuhkan vonis penjara terhadap John Kei dan dua rekannya, Josep Hungan dan Muchlis B Sahab, atas kasus pembunuhan terhadap mantan Direktur PT Sanex Steel, Tan Harry Tantono alias Ayung. John Kei divonis 12 tahun penjara, sementara dua rekannya masing-masing 1,5 tahun penjara.

Setelah persidangan selesai, John Kei segera dibawa kembali ke Rutan Salemba. Begitu keluar dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, John Kei segera diserbu kilatan kamera para juru foto yang sudah menanti dirinya.

"Bang John, lihat sini, Bang John," kata beberapa fotografer di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (27/12/2012).

John Kei sempat melemparkan senyum dan mengepalkan tangannya dengan semangat. Wajahnya terlihat tetap tenang, bahkan tidak menunjukkan kekecewaan ataupun ketakutan. Dia terus mengangkat tangannya yang terkepal, bahkan saat masuk ke dalam mobil tahanan.

Vonis 12 tahun penjara yang dijatuhkan kepada John memang lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan jaksa penuntut umum. Sebelumnya, jaksa penuntut umum melayangkan tuntutan penjara selama 14 tahun.

Sementara itu, massa anti-John Kei yang berdemonstrasi di depan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat justru segera membubarkan diri tak lama setelah vonis diumumkan. Hal serupa terjadi pada massa pendukung John Kei yang turut menyaksikan jalannya sidang. Mereka segera berbondong-bondong meninggalkan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

John Kei, Josep Hungan, dan Muchlis B Sahab dijerat Pasal 340 KUHP mengenai Pembunuhan Berencana setelah terbukti membunuh Ayung. Ayung ditemukan tewas di sebuah kamar hotel Swissbel-Hotel, Mangga Besar, tanggal 26 Januari 2012.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.