Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua CCTV di Lokasi Kecelakaan Ampera Belum Diperiksa

Kompas.com - 29/12/2012, 02:03 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kondisi kecelakaan tragis di Jalan Ampera Raya, Ragunan, Jakarta Selatan, ternyata bisa memperoleh gambaran yang lebih jelas. Hal itu dikarenakan di atas bekas warung pecel lele yang hancur ditabrak Nissan Grand Livina terdapat dua unit kamera circuit closed television (CCTV). Kedua unit kamera dipasang pada batang pohon nangka yang menjuntai di pagar tembok rumah di Jalan Ampera Raya No 27. Rumah milik Veronica itu dibatasi pagar tembok yang tinggi dengan jejeran kawat berduri di atasnya.

"Ibu lagi berada di luar negeri. Kalau CCTV-nya aktif kok. Sekarang pun kami bisa dilihat dari dalam," kata Riska, pembantu rumah tangga di rumah Veronica, saat ditemui Kompas.com di lokasi kecelakaan, Jumat (28/12/2012) siang.

Riska mengatakan, dia tidak mengetahui kecelakaan yang menewaskan dua orang pembeli di warung pecel lele milik Rosyikin alias Cak Mat. Padahal, situasi di luar cukup ramai saat kejadian. Apalagi warung yang diseruduk mobil Nissan Grand Livina yang dikemudikan Andika Pradita berada di trotoar depan rumah tersebut.

Menurut Riska, petugas kepolisian belum masuk ke rumah tersebut untuk melihat rekaman saat kejadian berlangsung, Kamis (27/12/2012) dini hari. Keterangan tersebut dibenarkan oleh Komisaris Hindarsono, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Selatan. Dikatakan Hindarsono, petugas mengetahui keberadaan kamera CCTV tersebut.

"Tapi, kemungkinan dipasang buat awasi gerbangnya saja, jadi belum kami pertimbangkan," kata Kasat Lantas.

Namun, saat dijelaskan bahwa terdapat dua kamera dengan arah berlawanan, Hindarsono menyatakan akan mempertimbangkan kemungkinan memanfaatkan rekaman CCTV tersebut untuk menganalisis tabrakan yang juga mencederai lima orang dan merusak delapan sepeda motor. Rentetan kecelakaan yang diakibatkan kondisi Andika yang diduga sedang mabuk berakhir saat laju Grand Livina B 1796 KFL itu menabrak Toyota Avanza B 8109 MB.

"Itu (Avanza) mobil pembeli dagangan saya juga. Mereka sudah sempat pesan makanan. Mobil parkir di situ lagi nungguin pesanan," kata Cak Mat, pemilik warung pecel.

Grand Livina berwarna hitam bersama Avanza silver saat ini diamankan di Pos Lantas Jagakarsa di Jalan TB Simatupang. Akibat kecelakaan itu, terdapat lecet memanjang di pintu mobil bagian belakang sebelah kiri, ban depan sebelah kiri dalam kondisi pecah, kaca spion kiri lepas, bumper depan remuk, kaca depan pecah, dan dop depan rusak akibat benturan keras.

Selain itu, bercak darah cukup banyak terdapat pada jok pengemudi. Sementara itu, pada jok penumpang di samping pengemudi juga terdapat bercak darah meskipun dalam jumlah tak begitu banyak. Sedangkan Avanza mengalami kerusakan parah pada bumper depannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com