Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karnaval "Car Free Night" Tak Sesuai Rencana

Kompas.com - 01/01/2013, 03:54 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Jakarta Night Festival di malam pergantian tahun seharusnya tak cuma panggung musik yang dipusatkan di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan karnaval atau parade yang melibatkan ribuan orang untuk menghibur pengunjung.

Parade "Car Free Night" di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin pun tak berjalan. Ruas jalan yang seharusnya digunakan untuk iring-iringan peserta karnaval tak bisa dilalui karena penuh orang.

"Jadi skenario awalnya kan rombongan sepeda membuka jalan. Karena ramai sekali, jadi enggak bisa lancar. Kemudian skenario berubah total untuk jalur karnavalnya," kata Edi Subagyo, koordinator pagar betis karnaval CFN di Bundaran HI, Senin (31/12/2012) malam.

Ia mengatakn, total ada 2.013 sepeda yang dikendarai pelajar SMK dan SMA se-DKI dan parade batik dari Solo yang mengisi karnaval tersebut. Karnaval daerah seperti ondel-ondel dan ksatria Jawa juga turut berpartisipasi.

Selain itu, kata Edi, parade marching band dari Ancol juga sedianya akan memeriahkan malam tahun baru Jakarta Night Festival.

Dari pantauan di lokasi, keadaan Bundaran HI memang sangat semrawut. Ribuan warga memilih berdesakan-desakan di sekitar panggung utama Jakarta Night Festival. Bahkan sepeda dan wayang orang yang akan melakukan parade pun tersendat di jalan sehingga tidak bisa memberikan pertunjukan kepada masyarakat.

Warga yang tengah melihat kembang api pun banyak yang terinjak dan pingsan karena terhimpit warga lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com