Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Buka Kemungkinan "Car Free Night" Tiap Bulan

Kompas.com - 01/01/2013, 05:30 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski kegiatan Car Free Night di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarat Pusat, di malam pergantian tahun yang diisi dengan Jakarta Night Festival masih ada sejumlah kekurangan, bukan berarti gagal.

Bahkan, Gubernur DKI Jakarta membuka kemungkinan acara semacam itu digelar secara rutin setiap bulan. Hal tersebut dikatakan Jokowi saat wawancara dengan Kompas TV di arena Jakarta Night Festival yang dipusatkan di Bundaran HI, Senin (31/12/2012) malam.

"Ya tergantung masyarakatnya bagaimana. Kalau pengin setiap bulan juga enggak apa-apa," kata Jokowi saat ditanya kemungkinan acara tersebut digelar kembali di tahun mendatang.

Ruas jalan yang biasanya ramai kendaraan, di malam tahun baru berubah drastis penuh pejalan kaki bahkan lebih ramai ketimbang Car Free Day yang sudah digelar secara rutin di ruas jalan yang sama. Sampai-sampai, karnaval yang direncanakan melibatkan ribuan sepeda tidak berjalan sesuai rencana karena jalanan penuh sesak. Antusiasme warga sangat tinggi hadir di acara tersebut.

"Enggak nyangka aja ada acara seperti ini. Di jalan Sudirman Thamrin lagi. Jokowi sukses bikin warga seneng," kata Marsya (26) seorang warga Salemba yang hanya berhenti sampai di depan EX Plaza.

Hal senada juga diungkapkan Arga (32) yang datang bersama rekan-rekannya dengan menggunakan sepeda. Ia cukup senang ada acara seperti ini karena dapat bersepeda dengan bebas di malam hari tanpa harus berebut jalan dengan kendaraan lain di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

"Menarik sih. Tapi susah kayaknya kalo sering diadakan seperti Car Free Day. Tapi intinya ya senang lah," ujar Arga yang juga diamini oleh rekan-rekannya.

Namun apapun yang dirasakan warga Jakarta saat ini, pengalaman merayakan pergantian tahun di jalan yang selalu dipadati kendaraan ini menjadi sesuatu yang unik dan mampu memberikan alternatif bagi para warga yang hanya menghabiskan libur panjang di Kbu Kota.

Kapan lagi melihat warga Jakarta tumpah ruah di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin berjalan kaki? Kira-kira akankah Jokowi memberlakukan Car Free Night rutin seperti Car Free Day? Kita tunggu saja.

Berita terkait, baca :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com