Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Punya "Gangnam Style", Jabar Punya "Dongdang Style"

Kompas.com - 03/01/2013, 10:48 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - "Jika Korea punya lagu Gangnam Style, kini Jawa Barat sudah punya lagu Dongdang Style," kata seniman Sunda Doel Sumbang usai menghadiri acara "Malam Dongdang", persembahan seniman Jawa Barat untuk pasangan calon gubernur Jabar Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki di New Majestic, Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat, Rabu, (2/1/2013) petang.

Menurut Doel, lagu berjudul "Dongdang 5" tersebut dipersembahkan kepada calon gubernur Jawa Barat 2013 - 2018 yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Rieke Diah Pitaloka sebagai hadiah untuk mengungkapkan niat baiknya dalam membentuk perubahan di Jawa Barat.

"Lagu ini isinya kecintaan, tidak ada ajakan untuk memilih, lagu ini saya hadiahkan kepada Ambu Rieke untuk mencurahkan rasa cintanya kepada rakyat Jabar," kata Doel.

Menurut Doel, dongdang bermakna semangat, bangun, berpikir, dan bekerja. "Mari kita dongdang semangat, bangun, berfikir, dan bekerja," kata Doel.

Lagu ini dipersembahkan dan diluncurkan langsung kepada Rieke di New Majestic, Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat, Rabu, (2/1/2013). Pada kesempatan itu pun Rieke tampil di panggung menyanyikan lagu "Dongdang 5".

Rieke mengaku tidak menyangka akan mendapat hadiah lagu dari seniman kawakan seperti Doel Sumbang. Ia juga tidak menyangka akan dibuatkan dan disuguhi acara yang sangat meriah.

"Ketika itu saya hanya disuruh menyanyi, tidak tahu jika mau dipersembahkan dan dibuatkan acara seperti ini. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," kata Rieke.

Rieke pun tidak meminta untuk dibuatkan lagu. Doel yang berinisiatif membuatkan lagu untuk Rieke. "Kalau saya harus membayar, saya tidak punya uang untuk membayar artis sekelas Doel Sumbang. Semua juga kan tahu sendiri kalau saya ini tidak punya modal," kata Rieke dengan nada candanya.

"Iya, kalau dihargakan, harga lagu ini seharga 20 kali harga mobil Toyota Kijang. Tapi saya hadiahkan sama Ambu Rieke, karena niat baiknya membawa perubahan bagi Jabar," tukas Doel.

Doel pun berharap agar lagu yang dibuatnya bisa cepat populer. "Nanti kalau sudah populer, lagu ini akan identik dengan Ambu Rieke, dan kita akan ingat pada malam ini, " kata Doel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com