Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepergok satpam, gerombolan pembobol ATM kabur

Kompas.com - 03/01/2013, 21:43 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Seorang satpam yang bertugas di Bank BRI Unit Kleco, Solo, berhasil menggagalkan upaya empat orang yang mencoba membobol ATM, pada Kamis (3/1/2013) dinihari.

Sekitar pukul 1 Kamis dini hari, Tri Subarjo, petugas satpam BRI, menaruh kecurigaan terhadap dua orang berbaju gamis yang sedang berada di dalam ATM, yang terpantau di layar CCTV didalam ruang satpam.

Tri pun berinisiatif untuk keluar dan mengecek keberadaan dua orang didalam ATM, namun justru kedua orang tersebut langsung keluar dan mencoba melarikan diri. Tak disangka dua orang lainnya yang berada tak jauh dari ATM, juga melarikan diri.

Tri pun berhasil mengamankan satu pelaku yang hendak melarikan diri, dan langsung menelpon polisi. Setelah polisi melakukan penyelidikan dan pengejaran, keempat pelaku berhasil ditangkap.

Salah satu pelaku yang tertangkap dibatas kota, terpaksa diberikan tembakan peringatan karena mencoba kabur. Keempat pelaku yang ditangkap adalah AS alias Nanus (28) warga, jalan Sri Gunting Tanjung Emas Semarang, TU alias Kampret (29) warga, jalan Mogas Dalam 5 No 365 RT 09 RW 03 Magersari, Semarang Selatan, S (29) jalan Mogas Dalam 5 No 365 RT 09 RW 03 Magersari, Semarang Selatan dan TW (33) masih dalam pemeriksaan.

"Petugas masih mendalami kasus ini dan mengamakan beberapa barang bukti," kata Kombes Pol Asdjima'in, Kapolresta Solo, pada Kamis (3/1/2013).

Polisi menyita barang bukti milik para pelaku asal Semarang Jawa Tengah berupa tas yang berisi accu portabel,satu set mata bor dan mesin bor genggam warna biru.

Sementara itu Kapolresta Solo Kombes Pol Asdjimain menyatakan kalau polisi masih memeriksa pelaku ini untuk dilakukan pengembangan dengan jeratan pasal 53 jo 363 KUHP. "Salah satu pelaku pernah terlibat aksi pencurian di Semarang sehingga masih dalam pemeriksaan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com