Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Pondok Cina, Mahasiswa UI Bela Para Pedagang

Kompas.com - 04/01/2013, 09:10 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) menertibkan kios-kios pedagang di Stasiun Pondok Cina pada Jumat (4/1/13) menggugah para mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI. Sekitar 50 mahasiswa melakukan aksi mengingatkan pihak PT KAI agar membatalkan penggusuran.

"Penggusuran seharusnya disertai dialog dan itu dilakukan tiga kali. Penggusuran itu melanggar HAM," teriak salah satu mahasiswa yang memimpin orasi.

Para mahasiswa itu juga menyinggung para aparat yang ikut mendukung pelanggaran HAM dan mata pencaharian orang lain. "Saya tahu Bapak-bapak terkekang dengan seragam milik Bapak-bapak. Itu artinya Bapak-bapak telah ikut melanggar HAM. Jangan tertawa Bapak-bapak! Ini masalah perut," kata mahasiswa tersebut.

PT KAI berencana untuk melakukan penertiban di seluruh stasiun yang dilalui Kereta Commuter di seluruh wilayah Jabodetabek. Sebelum di Pondok Cina, pihak KCJ telah melakukan beberapa penertiban di beberapa stasiun lainnya, seperti di Stasiun Depok Baru dan Lenteng Agung.

PT KCJ menegaskan bahwa mereka hanya menjalankan Perpres No 85 dan UU No 23 tahun 2011 tentang peningkatan mutu dan pelayanan terhadap penumpang kereta. Hal itu dimaksudkan demi terciptanya rasa aman dan nyaman untuk meningkatkan jumlah pengguna kereta pada tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com