Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD DKI: Jokowi Sebarkan Virus Positif

Kompas.com - 08/01/2013, 16:36 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinobatkannya Joko Widodo sebagai wali kota terbaik ketiga di dunia oleh The City Mayors Foundation (www.worldmayor.com) diapresiasi oleh DPRD DKI Jakarta. Jokowi dianggap sukses menyebarkan virus positifnya di Indonesia.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Selamat Nurdin mengatakan, prestasi yang diraih Jokowi saat memimpin Kota Surakarta dapat diintrepretasikan sebagai capaian bangsa Indonesia. Bagaimana tidak, dari 10 wali kota terbaik sedunia, Jokowi berhasil menempati posisi tiga di bawah Wali Kota Bilbao, Spanyol, Inaki Azkuna, dan Wali Kota Perth, Australia, Lisa Scaffidi.

"Saya pikir prestasi ini indikator kebanggaan nasional ya, dan mohon maaf, Presiden juga meniru gayanya, calon pemimpin lain juga ikut meniru," kata Selamat kepada Kompas.com, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (8/1/2013).

Selamat mengungkapkan, saat menjadi Wali Kota Solo, Jokowi berhasil menjdi trend-setter untuk semua warganya. Dengan komunikasi yang baik, Jokowi juga dinilai berhasil menumbuhkan semangat ownership di benak seluruh warga Surakarta terkait program-program yang dijalankannya.

Menurut Selamat, Jokowi mampu membawa prestasi saat memimpin Surakarta ke Ibu Kota Jakarta. Dengan catatan mendapat dukungan yang lebih signifikan dari elite di jajaran pemerintah pusat.

"Kalaupun ada kendala, rasanya hanya bentuk dukungan dari pusat. Komunikasi Jokowi ke Pemerintah Pusat sudah baik, tapi sambutannya belum sepadan," ujarnya.

Untuk diketahui, The City Mayors Foundation (www.worldmayor.com) merilis daftar 10 wali kota terbaik sedunia. Jokowi dinobatkan sebagai wali kota terbaik ketiga atas prestasinya sewaktu memimpin Surakarta.

Jokowi menempati posisi ketiga karena sukses melekatkan citra Kota Surakarta sebagai kota seni budaya. Atas citra tersebut, magnet Surakarta untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara semakin kuat.

Jokowi juga dinilai sebagai politisi paling jujur di Indonesia karena aktif kampanyekan anti korupsi dan menolak mengambil gaji selama menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

Berikut 10 wali kota terbaik dunia versi The City Mayors Foundation:

1. Inaki Azkuna, Bilbao, Spanyol

2. Lisa Scaffidi, Perth, Australia

3. Joko Widodo, Surakarta, Indonesia

4. Regis Labeaume, Quebec City, Kanada

5. John F Cook, El Paso, AS

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com