Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras di Bogor, Kampung Pulo Kembali Terendam

Kompas.com - 09/01/2013, 10:35 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dan Depok, Jawa Barat, menyebabkan debit air di Sungai Ciliwung meningkat. Akibatnya, wilayah bantaran sungai terendam. Salah satunya adalah Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (9/1/2013).

Karman (51), salah seorang warga RT 03, mengatakan, air mulai memasuki permukiman sekitar pukul 04.00 WIB dengan ketinggian yang berangsur-angsur meningkat mulai dari semata kaki hingga sebetis orang dewasa. Air juga merendam enam RW dari delapan RW.

"Dari malamnya sudah dikabarin. Jadi, warga memang sudah bersiap-siap naikin barang-barang ke lantai dua sama ngeluarin motor," ujarnya kepada wartawan, Rabu pagi.

Berdasarkan data dari Kelurahan Kampung Melayu, enam RW yang dilanda banjir terdiri dari 33 RT atau 2.956 jiwa. Kebanyakan dari mereka memiliki rumah persis di samping aliran sungai. Meski dilanda banjir, warga menganggap kondisi banjir kali ini masih dalam tahap yang wajar. Oleh sebab itu, tidak ada warga kampung yang disebut "Kampung Banjir" itu yang mengungsi. Warga lebih memilih menunggu air surut di lantai dua masing-masing rumah mereka.

Hingga Rabu siang, warga belum mendapatkan informasi lebih lanjut terkait penurunan debit air di Sungai Ciliwung. Namun, diperkirakan banjir di Kampung Pulo akan terus terjadi. Pasalnya, wilayah Bogor dan Depok diketahui masih diguyur hujan. "Belum dicek, sih, di Pintu Air Depok dan Katulampa sekarang berapa, tapi kayaknya bakalan lama surut di sini," katanya.

Berita terkait, baca:

BANJIR RENDAM JAKARTA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com