Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Farhat Abbas Protes Basuki

Kompas.com - 09/01/2013, 13:18 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengacara publik, Farhat Abbas, memprotes pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama terkait tak kunjung diselesaikannya pemasangan pelat nomor khusus bagi pejabat di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta oleh pihak kepolisian. Lalu, apa alasan Farhat memprotes pernyataan Basuki?

Menurut Farhat, protes tersebut dilontarkan atas dasar perlakuan yang sama di hadapan hukum. Meski pejabat sekalipun, seseorang tidak berhak menuntut lebih, termasuk soal penggunaan pelat nomor. Artinya, sangat sah jika pelat nomor B 1 DKI atau B 2 DKI dimiliki oleh perorangan, entah pengusaha atau warga biasa. "Maksud saya Ahok (sapaan Basuki) itu membuat suatu rumor, opini bahwa seolah-olah polisi sudah menjual pelat nomor. Sah-sah saja nomor kecil itu milik pegawai swasta atau pegawai negeri, namanya kan persamaan kedudukan hukum," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/1/2013) pagi.

Farhat mengatakan, berdasarkan pantauannya di media massa elektronik, pernyataan Basuki tersebut dilontarkannya dalam bentuk bahasa tubuh layaknya orang yang tengah meluapkan amarah. Hal tersebut membuat Farhat mengait-ngaitkannya dengan latar belakang kesukuan Basuki. Menurut Farhat, pernyataan Basuki terlalu angkuh dan tidak mencerminkan sifat orang-orang serumpunnya.

Pria yang juga mendeklarasikan diri sebagai calon presiden RI alternatif dari kaum muda itu juga mengatakan, dirinya berani bertaruh bahwa pengusaha-pengusaha yang dituding Basuki membeli pelat nomor khusus dari kepolisian itu pun adalah pengusaha dari keturunan yang sama dengan Basuki. Farhat berharap, pernyataan yang dilontarkannya melalui media sosial Twitter tersebut tidak menyinggung perasaan sang Wakil Gubernur. Ia juga berharap publik atau pihak-pihak tertentu tidak mengadu domba dirinya dengan Basuki karena kicauannya bersifat kritik membangun.

Pernyataan kontroversial yang dilontarkan Farhat itu diunggah melalui akun Twitter @farhatabbaslaw pada Rabu pukul 08.03 WIB. Dalam "kicauannya", Fahat merasa keberatan dengan pernyataan Basuki terkait pelat nomor polisi khusus bagi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Farhat memprotes sikap Basuki yang meributkan hal itu di depan publik.

Pernyataan Basuki mengenai pemasangan pelat nomor khusus di mobil pejabat Pemprov DKI itu dilontarkannya pada Jumat (4/1/2013) di Balaikota. Meski belum mendapat konfirmasi kepolisian, dalam hal ini Polda Metro Jaya, kuat dugaan bahwa pelat nomor B 2 DKI dan B 3 DKI telah diberikan Polda Metro Jaya kepada pengusaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com