Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Jakarta Monorel Akan Beli Tiang Adhi Karya

Kompas.com - 09/01/2013, 20:40 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Jakarta Monorel berniat membeli tiang monorel yang sudah terbangun milik PT Adhi Karya. Pembelian dilakukan terkait dengan rencana kelanjutan proyek tersebut. Pemerintah Provinsi DKI berencana melanjutkan konsesi kerjasama dengan PT JM yang terhenti sejak tahun 2007.

"Sesegera mungkin kami akan membelinya. Tetapi sebelum itu, kami akan mengajukan penawaran lebih dahulu," tutur Juru Bicara PT JM Bovanantoo saat dihubungi Kompas, Rabu (9/1/2013) di Jakarta.

Bovanantoo menyampaikan kesiapannya membeli aset tiang milik Adhi Karya. Mengutip hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan BPKP, nilai seluruh tiang monorel yang telah dibangun itu sebesar Rp 120 miliar. Dia yakin bisa membuka dialog mengenai nilai aset tiang tersebut.

Ketika ditanya mengenai nilai penawaran yang diajukan PT JM, Bovanantoo belum bersedia menyebutkannya. "Kami akan melakukan penaksiran nilai aset itu. Apakah harganya masih sama sekarang?" katanya.

Rabu siang tadi, Gubernur DKI Joko Widodo menyampaikan melanjutkan konsesi dengan PT JM. Tahap awal proses kerja sama ini dilakukan dengan menyelesaikan legalitas hukum. "Saya akan mencabut surat penghentian konsesi terlebih dahulu. Lalu saya akan menerbitkan surat baru melanjutkan konsesi," tutur Jokowi.

Menurut Jokowi menunjuk konsorsium baru untuk mengerjakan proyek monorel lebih rumit prosesnya. Proyek ini bisa tidak akan selesai karena harus memulai banyak hal. "Saya sudah menghitung itu. Semoga berikutnya akan berjalan lancar," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com