Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adhi Karya Bantah Mundur

Kompas.com - 09/01/2013, 20:42 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsorsium badan usaha milik negara yang dipimpin PT Adhi Karya membantah mundur mengerjakan kelanjutan proyek monorel. Hanya saja, Adhi tidak ikut bergabung dengan PT Jakarta Monorel jika dipilih Pemprov DKI melanjutkan deseain lama.

Adhi Karya tetap mengajukan proposal jalur lain di luar desain lama. Proposal itu terkait dengan desain jalur monorel dari Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, dan Cawang-Kuningan. Seluruh desain itu membentang sepanjang 40 kilometer.

"Adhi Karya tidak mundur, gubernur yang memilih melanjutkan konsesi lama. Ini penting kami sampaikan karena bisa mempengaruhi persepsi publik terhadap perusahaan kami," tutur Direktur Utama PT Adhi Karya Kiswodarmawan, Rabu (9/1/2013) di Jakarta.

Adhi menjelaskan keputusan untuk melanjutkan konsesi konsorsium lama berasal dari Pemprov DKI. Walau Gubernur DKI memilih melanjutkan konsesi PT JM, Gubernur Jokowi tetap memberi kesempatan pengajuan proposal desain selain desain lama.

Kapasitas angkut desain yang diusulkan Adhi Karya di jalur Bekasi Timur-Cawang sepanjang 18,2 km sekitar 95.000 orang per hari dalam dua arah. Sementara untuk jalur Cibubur-Cawang sepanjang 13,7 km berkapasitas 54.000 orang per hari setiap dua arah.

"Untuk kapasitas penumpang di jalur Cawang-Kuningan kami sedang menghitung," katanya. Usulan Adhi Karya tersebut diterima Gubernur DKI, namun belum diputuskan untuk dilanjutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com