Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Lagi, Kampung Pulo Banjir Lagi

Kompas.com - 10/01/2013, 10:04 WIB
Firly Anugrah Putri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 395 warga Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur telah mengungsi sejak pukul 19.00, Rabu (9/1/2013). Hal itu disebabkan hujan deras yang mengguyur Bogor, Depok, dan Jakarta kemarin, dan membuat Kali Ciliwung meluap, banjir kiriman yang kembali datang di wilayah bantaran Kali Ciliwung, yaitu Kampung Pulo.

Lurah Kampung Melayu, Bambang A Pangestu mengatakan, debit volume air meningkat sejak kemarin sore saat ketinggian Pintu Air Katulampa mencapai 140 cm. Warga yang sudah diberitahukan telah mengantisipasinya dengan bersiap-siap mengamankan barang-barang di rumah yang mereka miliki.

"Debit volume air meningkat pukul 02.00 perlahan, hingga pukul 06.00 ketinggian air yang masuk mencapai 2 meter. Kemungkinan volume air akan terus meningkat," kata Bambang kepada Kompas.com, Kamis (10/1/2013).

Bambang mengatakan, warga Kampung Pulo sejak pukul 19.00 kemarin telah mengungsi di tempat pengungsian yang sudah disediakan. Sebanyak 260 orang mengungsi di Sudinkes Jakarta Timur, 115 orang mengungsi di Masjid At-Tawabim, dan 20 orang mengungsi di RS Hermina. Sedangkan warga yang lainnya masih memilih bertahan dilantai dua rumah mereka.

"Enam RW yang dilanda banjir terdiri dari 33 RT atau 2.956 jiwa. Kebanyakan dari mereka memiliki rumah persis di samping aliran sungai," kata Bambang.

Berita terkait, baca :

BANJIR RENDAM JAKARTA

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com