Kompas.com - 10/01/2013, 17:12 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang menggenangi ruas Tol Jakarta-Merak dipengaruhi lamanya hujan yang mengguyur kawasan hulu maupun sepanjang daerah aliran Sungai Ciujung. Tingginya curah hujan ini tidak lepas dari faktor adanya badai tropis dan beberapa daerah tekanan rendah di selatan Jawa.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Serang Eko Widyantoro ketika dihubungi dari Jakarta, Kamis (10/1/2013) sore mengatakan, hujan mengguyur kawasan Lebak dan Serang mulai tanggal 8 Januari pagi. "Hujan berlangsung dengan durasi cukup lama, sekitar 36 jam," kata Eko.

Penuturan Eko, badai tropis Narelle dan 2-3 daerah bertekanan rendah di selatan Jawa mengakibatkan dampak tidak langsung berupa cuaca ekstrim. Cuaca ekstrem dimaksud berupa angin kencang, gelombang tinggi, dan juga hujan deras atau hujan berintensitas ringan sedang namun berlangsung lama.

"Badai tropis Narelle diperkirakan akan meluruh dalam 3-4 hari mendatang. Hal yang masih harus dicermati adalah perkembangan dari daerah tekanan rendah di selatan Jawa," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.