Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Jalan Tol Merak-Tangerang Mulai Surut

Kompas.com - 10/01/2013, 23:37 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Genangan air di tol Tangerang-Merak sudah mulai menyusut. Debit air di bendungan Pamaryan juga sudah turun menjadi 1.410 m3/detik dari debit semula 2.600 m3/detik.

"Air sekarang sudah menyusut menjadi ketinggian 1 meter dari ketinggian semula 1,5 meter," kata Indah Permanasari, Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandalasakti, pengelola ruas tol jalur tersebut, saat dihubungi Kompas.com Kamis (10/1/2013).

Indah melanjutkan, saat ini, kondisi aliran sungai sudah turun status menjadi siaga kuning. Perjalanan air untuk sampai ke Undar Andir kurang lebih selama 2 sampai 3 jam.

Menurut Indah, PT Marga Mandalasakti juga sudah melakukan koordinasi dengan Badan Penanganan dan Bencana Daerah (BPBD), Kepolisian Daerah Banten, dinas kesehatan, dan beberapa instansi lainnya.

Diberitakan sebelumnya, sekitar pukul 10.00 WIB, debit air mencapai 2.600 m3/detik. Genangan air di dalam tol juga mencapai 45 cm sampai 1,5 m tergantung struktur jalan tol tersebut. Akibat dari banjir tersebut, jalan sepanjang Serang menuju Balaraja macet total.

Pengendara motor banyak yang melalui jalan-jalan alternatif dengan melalui jalan-jalan pinggir sawah. Namun, jalan tersebut juga tidak luput dari genangan air hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com