Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Banten, 44 Kecamatan Terendam

Kompas.com - 11/01/2013, 17:00 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

BANTEN, KOMPAS.com - Bencana banjir di Banten, merendam 44 kecamatan yang tersebar di lima kabupaten/kota. Sekitar 19.674 rumah yang dihuni oleh 61.689 jiwa terendam banjir. "Dari hari Senin (7/1/2013) sampai sekarang, tercatat sudah ada 44 kecamatan yang terendam banjir," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat data, Informasi dan Humas BNPB kepada wartawan, Jumat (11/1/2013).

Banjir terparah, kata Sutopo, terjadi di Kabupaten Pandeglang yang merendam 12 kecamatan. Sekitar 12.624 rumah terendam di kecamatan tersebut, disusul dengan Kabupaten Serang yang merendam 13 kecamatan. Di kabupaten tersebut, terdapat 4.210 rumah yang terendam banjir.

Data lainnya, ungkap Sutopo, di Kabupaten Lebak terdapat 11 kecamatan yang terendam banjir. Di kecamatan tersebut, terdapat 1.949 rumah warga yang terendam banjir luapan Bendung Pamarayan. Untuk Kabupaten Tangerang, 4 kecamatan dengan 891 rumah, sedangkan Kota Serang terendam banjir di satu kecamatan dengan 112 rumah.

Lokasi banjir tersebut sudah banyak yang mulai surut. Akan tetapi, di beberapa titik seperti Kragilan masih terendam banjir. Sutopo mengungkapkan, data ini merupakan data sementara yang dimiliki oleh BNPB. Saat ini, petugas BNPB masih melakukan pendataan terkait jumlah perumahan, sekolah, perkantoran, industri dan lainnya.

Berita terkait, baca :

BANJIR DI TOL JAKARTA-MERAK

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com