Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Pulo Banjir 3 Meter, 1.266 Jiwa Mengungsi

Kompas.com - 15/01/2013, 18:49 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang terjadi di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (15/1/2013), mencapai ketinggian tiga meter. Sebanyak 1.266 warga setempat mengungsi.

"Iya, muka air semakin meningkat tadinya cuma 1,5 meter menjadi 3 meter. Jumlah warga yang mengungsi 1.266 jiwa," ujar Lurah Kampung Melayu Bambang Pangestu saat dihubungi wartawan, Selasa sore.

Bambang melanjutkan, warga yang mengungsi tersebut adalah warga yang bermukim di enam dari delapan RW yang ada di Kampung Pulo. Mereka mengungsi di sepuluh titik posko pengungsi yang telah disiapkan sebelumnya. Sepuluh posko pengungsian tersebut, lanjut Bambang, berada terpisah, yakni di halaman Kantor Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Kantor-Kantor RW, Masjid At-Tawabin, Rumah Sakit Hermina, GOR Ottista dan lainnya.

Sementara untuk bantuan para pengungsi, pemerintah memberikan bantuan yakni tenaga medis, air bersih, tenda serta nasi bungkus. Adapun, untuk nasi bungkus, akan diberikan teratur, mulai dari makan pagi, siang dan malam.

"Kemungkinan mereka (pengungsi) bertahan sampai dua atau tiga hari. Paling cepat dua hari," lanjut Bambang.

Dihubungi terpisah, Kepala Satuan Lalu Lintas Wilayah Jakarta Timur, Ajun Komisaris Besar (pol) Soepoyo mengatakan, arus lalu lintas di Jalan Jatinegara Barat tersendat. Hal itu terjadi karena warga memarkirkan kendaraannya di tepi jalan tersebut. Hal itu diperparah dengan warga yang berkerumun di tepi jalan tersebut.

"Belum ada penutupan, karena banyak warga yang berada di tepi jalan, jadi tersendat. Kita alihkan saja ke jalur kanan," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com