Kompas.com - 15/01/2013, 18:49 WIB
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang terjadi di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (15/1/2013), mencapai ketinggian tiga meter. Sebanyak 1.266 warga setempat mengungsi.

"Iya, muka air semakin meningkat tadinya cuma 1,5 meter menjadi 3 meter. Jumlah warga yang mengungsi 1.266 jiwa," ujar Lurah Kampung Melayu Bambang Pangestu saat dihubungi wartawan, Selasa sore.

Bambang melanjutkan, warga yang mengungsi tersebut adalah warga yang bermukim di enam dari delapan RW yang ada di Kampung Pulo. Mereka mengungsi di sepuluh titik posko pengungsi yang telah disiapkan sebelumnya. Sepuluh posko pengungsian tersebut, lanjut Bambang, berada terpisah, yakni di halaman Kantor Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Kantor-Kantor RW, Masjid At-Tawabin, Rumah Sakit Hermina, GOR Ottista dan lainnya.

Sementara untuk bantuan para pengungsi, pemerintah memberikan bantuan yakni tenaga medis, air bersih, tenda serta nasi bungkus. Adapun, untuk nasi bungkus, akan diberikan teratur, mulai dari makan pagi, siang dan malam.

"Kemungkinan mereka (pengungsi) bertahan sampai dua atau tiga hari. Paling cepat dua hari," lanjut Bambang.

Dihubungi terpisah, Kepala Satuan Lalu Lintas Wilayah Jakarta Timur, Ajun Komisaris Besar (pol) Soepoyo mengatakan, arus lalu lintas di Jalan Jatinegara Barat tersendat. Hal itu terjadi karena warga memarkirkan kendaraannya di tepi jalan tersebut. Hal itu diperparah dengan warga yang berkerumun di tepi jalan tersebut.

"Belum ada penutupan, karena banyak warga yang berada di tepi jalan, jadi tersendat. Kita alihkan saja ke jalur kanan," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.