Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukit Duri Banjir, 5 Perahu Karet Disiapkan

Kompas.com - 15/01/2013, 19:42 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Luapan air Sungai Ciliwung menyebabkan sebagian Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, terendam banjir. Banjir setinggi hingga satu meter itu menerjang perumahan warga di RW 10, 11, dan 12. Sebagian warga akhirnya mengungsi ke tempat yang aman.

Untuk mengantisipasi ketinggian air yang meningkat, sebanyak lima buah perahu karet disiapkan di kawasan itu.

Rahmat, petugas Posko Kelurahan Bukit Duri, menuturkan, bantuan perahu karet tersebut berasal dari berbagai pihak, seperti Dinas Sosial, Dinas Pemadam Kebakaran, ataupun PMI.

"Perahu karet disediakan untuk evakuasi warga," kata Ramat saat ditemui di Kantor Kelurahan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (15/1/2013).

Menurutnya, sejumlah warga diungsikan di berbagai tempat yang aman dari ancaman banjir, seperti Kantor Kelurahan Bukit Duri dan rumah di beberapa RW yang tidak terkena banjir. Selain itu, PMI juga menyiapkan posko kesehatan di Kantor Kelurahan Bukit Duri.

"Ada juga yang di puskesmas, jadi yang lebih dekat sama puskesmas bisa langsung ke sana," ujar Rahmat.

Sementara itu, Yanto, seorang warga RW 10, mengatakan, ketinggian air ada yang sudah mencapai atap rumah. "Ada yang sudah sampai atap rumah. Malam ini kemungkinan naik lagi," ujar Yanto.

Dari pantauan Kompas.com, jalan-jalan di wilayah RW 10, Kelurahan Bukit Duri, sudah terendam air hingga satu meter. Ketinggian air di beberapa wilayah itu terjadi terutama di permukiman warga yang langsung berhadapan dengan mulut Sungai Ciliwung.

Sampai saat ini, banyak warga yang sudah meninggalkan lokasi dan mengungsikan barang-barang berharga serta kendaraan pribadi menuju lokasi yang aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com