Kompas.com - 15/01/2013, 19:42 WIB
|
EditorFarid Assifa

JAKARTA, KOMPAS.com — Luapan air Sungai Ciliwung menyebabkan sebagian Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, terendam banjir. Banjir setinggi hingga satu meter itu menerjang perumahan warga di RW 10, 11, dan 12. Sebagian warga akhirnya mengungsi ke tempat yang aman.

Untuk mengantisipasi ketinggian air yang meningkat, sebanyak lima buah perahu karet disiapkan di kawasan itu.

Rahmat, petugas Posko Kelurahan Bukit Duri, menuturkan, bantuan perahu karet tersebut berasal dari berbagai pihak, seperti Dinas Sosial, Dinas Pemadam Kebakaran, ataupun PMI.

"Perahu karet disediakan untuk evakuasi warga," kata Ramat saat ditemui di Kantor Kelurahan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (15/1/2013).

Menurutnya, sejumlah warga diungsikan di berbagai tempat yang aman dari ancaman banjir, seperti Kantor Kelurahan Bukit Duri dan rumah di beberapa RW yang tidak terkena banjir. Selain itu, PMI juga menyiapkan posko kesehatan di Kantor Kelurahan Bukit Duri.

"Ada juga yang di puskesmas, jadi yang lebih dekat sama puskesmas bisa langsung ke sana," ujar Rahmat.

Sementara itu, Yanto, seorang warga RW 10, mengatakan, ketinggian air ada yang sudah mencapai atap rumah. "Ada yang sudah sampai atap rumah. Malam ini kemungkinan naik lagi," ujar Yanto.

Dari pantauan Kompas.com, jalan-jalan di wilayah RW 10, Kelurahan Bukit Duri, sudah terendam air hingga satu meter. Ketinggian air di beberapa wilayah itu terjadi terutama di permukiman warga yang langsung berhadapan dengan mulut Sungai Ciliwung.

Sampai saat ini, banyak warga yang sudah meninggalkan lokasi dan mengungsikan barang-barang berharga serta kendaraan pribadi menuju lokasi yang aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.