Kompas.com - 15/01/2013, 20:12 WIB
Penulis Harry Susilo
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Akibat hujan selama dua hari berturut-turut, bencana tanah longsor terjadi di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (14/1/2013) sore.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini tetapi menyebabkan akses satu-satunya ke Desa Sukomulyo dan Desa Bendolsari, Kecamatan Pujon, terputus.

Akibatnya, dua desa itu sempat terisolasi selama hampir 20 jam.      Longsor terjadi setelah hujan menggerus tebing tanah setinggi 20 meter di Desa Sukomulyo.

Twiadi, Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Malang, mengatakan, jalan sudah kembali terbuka pada Selasa (15/1/2013) sekitar pukul 13.30.

"Tanah bekas longsoran itu dikeruk dengan cangkul dan sekop oleh Tagana dan warga," kata Twiadi, ketika dihubungi dari Surabaya, Selasa (15/1) sore. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim Sudarmawan mengakui, tingginya curah hujan pada bulan Januari dan Februari di Jatim menyebabkan banjir dan tanah longsor dapat terjadi sewaktu-waktu. Untuk itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan Tagana setempat untuk upaya tanggap darurat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.