Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi dan Istri Tinjau Banjir di Pasar Minggu

Kompas.com - 15/01/2013, 21:34 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bersama istrinya, Iriana Widodo, pada Selasa (15/1/2013) malam ini meninjau lokasi banjir yang menerjang Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Jokowi bersama istri mulai berangkat meninjau banjir pada pukul 19.00 WIB. Dengan situasi di lokasi yang dalam keadaan intensitas curah hujan cukup tinggi, Jokowi bersama istri tiba di lokasi sekitar pukul 20.45 WIB.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, semula lokasi Pejaten Timur yang masih sepi tiba-tiba menjadi ramai dan sorak-sorai membahana menyambut kedatangan tiba-tiba mantan Wali Kota Solo tersebut.

Saat tiba, Jokowi dan istri mampir ke Masjid Al-Ma'mur. Warga mulai dari balita hingga lansia pun berduyun-duyun menuju Masjid Al-Ma'mur dengan harapan hanya sekadar bertemu atau bertegur sapa dengan Jokowi.

Setelah sekitar 10 menit, Jokowi bersama istri mengunjungi dapur umum yang telah didirikan oleh Dinas Sosial DKI. Di sana Jokowi sempat mencoba masakan bagi para pengungsi, yaitu telur dadar.

Sementara itu, petugas dapur umum yang mayoritas adalah ibu-ibu warga setempat berfoto bersama Iriana Widodo. Suasana di lokasi pun sangat riuh oleh warga yang ingin bertemu dan bertegur sapa dengan Jokowi meskipun penerangan yang sangat minim serta hujan yang semakin deras.

Seperti diketahui, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mencatat ada sekitar 6.101 warga Jakarta yang mengungsi akibat banjir kiriman dari Bogor, serta ada 50 kelurahan yang terendam banjir.

"Yang paling banyak tetap Kampung Melayu dan Rawa Buaya," kata Kepala BPBD DKI Arfan Arkilie.

Menurut data dari BPBD pukul 18.00, ketinggian air di Pintu Air Angke Hulu 300 cm dengan status Siaga 2, Kali Pesanggrahan 190 cm Siaga 3, Kali Krukut Hulu 160 cm Siaga 3, Katulampa 130 Siaga 3, Pintu Air Depok 230 cm Siaga 3, Kali Manggarai 880 Siaga 2, Cipinang Hulu 130 Siaga 2, Sunter Hulu 90 Siaga 2, Kali Karet 600 cm Siaga 2, Pulo Gadung 400 Siaga 4, dan Pasar Ikan Jakarta Utara ketinggian 140 cm Siaga 4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com