Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Membutuhkan Bantuan Segera

Kompas.com - 15/01/2013, 21:50 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Malam ini korban bencana banjir terus bertambah. Luapan sejumlah kali di Jakarta memaksa 7.471 warga mengungsi dari tempat tinggal mereka karena terendam banjir. Sebagian di antara mereka membutuhkan pertolongan segera agar tidak ada dampak lebih serius.

Adapun barang-barang yang dibutuhkan korban banjir saat ini, antara lain, tenda, selimut, makanan, pakaian bayi, susu bayi, dan obat-obatan.

"Logistik kami masih ada. Kami terus memantau kebutuhan korban banjir dengan koordinasi warga, tim reaksi cepat, dan yang lebih penting memberikan peringatan dini kepada warga. Distribusi logistik dilakukan dengan melibatkan TNI dan Polri yang bergabung dengan tim reaksi cepat," kata Kepala Pelaksana Badan Pengendali Bencana Daerah DKI Jakarta Arfan Arkilie, Selasa (15/1/2013), di Jakarta.

Informasi BPBD DKI, banjir paling parah terjadi di Kampung Melayu setinggi 300 sentimeter dengan jumlah pengungsi sebanyak 1.370 jiwa. Sampai dengan Selasa malam, jumlah pengungsi terus berubah karena sebagian warga belum bersedia meninggalkan tempat tinggalnya.

Seorang warga bernama Angga (13) dilaporkan tewas setelah hanyut di Kali Sekretaris, Jakarta Barat. Sementara itu, ada lima warga yang saat ini sakit di tempat pegungsian. Lantaran jumlah pengungsi terus meningkat, relawan mendirikan posko baru di tempat yang lebih luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com