Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir, Jalan Jatinegara Barat Terputus

Kompas.com - 15/01/2013, 23:07 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meningkatnya muka air di Sungai Ciliwung menyebabkan air menggenangi tidak hanya permukiman bantaran, melainkan juga jalan. Kondisi itu terjadi di Jalan Jatinegara Barat, Jatinegara, Jakarta Timur. Genangan air menyebabkan penghubung antara Jalan Otista dan Jalan Matraman itu terputus.

Raharjo (55), salah seorang pedagang makanan di jalan tersebut mengatakan, air mulai masuk dan menggenangi jalan itu sekitar pukul 18.30 WIB. Ketinggian air berangsur-angsur meningkat dari setinggi 10 centimeter hingga mencapai tinggi maksimal yakni 30 centimeter.

"Pertama airnya cuma semata kaki doang dan yang tergenang cuma jalan sebelah kali. Terus lama-lama naik, sekarang mah sudah sampai sebetis orang dewasa," ujarnya kepada Kompas.com di lokasi, Selasa (15/1/2013).

Berdasarkan pantauan di lapangan, genangan tersebut terjadi mulai dari Jalan Jatinegara Barat, tepatnya di depan Sekolah Santa Maria hingga depan kantor Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur. Ketinggian air itu pun memiliki tinggi rata-rata, yakni betis orang dewasa.

Di ujung genangan air, puluhan warga setempat tampak berkerumun. Mereka merekam kondisi memprihatinkan tersebut melalui ponsel masing-masing. Di antara mereka pun tampak anak-anak bermain di genangan air berwarna cokelat itu.

Kondisi itu mengakibatkan arus lalu lintas dari Jalan Otista menuju Jalan Matraman dialihkan sementara. Polisi memberlakukan contra flow bagi kendaraan roda dua dan roda empat melalui Jalan Balimester serta menyambung ke Jalan Jatinegara Timur dan berakhir di depan Gereja Koinonia hingga masuk ke Jalan Matraman Raya.

Akibat pengalihan lalu lintas tersebut, arus lalu lintas di Jalan Ottista mengalami macet hingga sepanjan satu kilometer. Petugas kepolisian pun tampak berjaga di lokasi mengatur lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com