Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir, Jalur Casablanca-Pondok Bambu Putus

Kompas.com - 16/01/2013, 00:19 WIB
Heru Margianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang turun sepanjang Selasa (15/1/2012) membuat aliran air Sungai Ciliwung di daerah Kampung Melayu Kecil, Jakarta Timur, meluap hingga Jalan KH Abdullah Syafii. Ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Akibatnya, jalur Casablanca menuju Pondok Bambu dan sebaliknya tidak bisa dilalui kendaraan. Hanya truk yang dapat melintasi banjir.

Terakhir, Jalur Casablanca pernah putus akibat banjir pada tahun 2007 silam. Petugas Dishub menutup jalan dan mengalihkan arus lalu lintas sejak di ujung Jalan Casablanca, tepatnya di layang Casablanca yang menuju Kampung Melayu. Kendaraan diarahkan ke Jalan Saharjo. Jalan yang menuju layang Tebet juga ditutup.

Husni, salah seorang warga yang dijumpai di lokasi banjir menuturkan, air meluap sejak lepas maghrib. "Dari sore air terus naik. Motor sama mobil yang nekat lewat banyak yang mogok di tengah jalan," kata dia.

Luapan banjir yang sama juga membuat wilayah Kampung Pulo yang terletak tidak jauh dari Jalan KH Abdullah Syafii kembali terendam hingga ketinggian tiga meter. Lebih dari 1.000 warga Kampung Pulo terpaksa mengungsi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com