Kompas.com - 16/01/2013, 00:23 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir dengan tinggi lebih dari tiga meter masih menggenangi wilayah permukiman bantaran Sungai Ciliwung. Kondisi paling parah terjadi di bantaran Kampung Pulo, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan.

Koordinator SAR Suku Dinas Satpol PP Jakarta Timur, Bambang Sulistiyo mengatakan, sejak Selasa (15/1/2013) sore hingga dinihari ini, pihaknya telah melakukan memindahkan sekitar 300 warga yang berada di kedua daerah langganan banjir itu. Pemindahan warga itu menggunakan empat petahu karet.

"Ada sekitar 700 jiwa yang sudah kita evakuasi, tapi yang menggunakan perahu, hanya sekitar 300 jiwa. Itu terdiri dari ibu-ibu, balita, manula," ujarnya kepada Kompas.com di lokasi banjir, Selasa malam.

Menurut Bambang, rata-rata warga yang diselamatkan mengalami kondisi kesehatan buruk, yakni mengalami kedinginan dan kelaparan. Oleh sebab itu, pihak evakuator berupaya semaksimal mungkin mempercepat waktu pemindahan untuk selanjutnya diserahkan kepada posko-posko pengungsian yang ada.

Bambang menuturkan, pihaknya mengerahkan empat unit perahu karet, dua unit dari Satpol PP, dua unit lagi dari Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana. Di masing-masing perahu, terdapat empat orang evakuator, satu sebagai operator mesin, sisanya melakukan penyelamatan.

"Kendalanya banyak, mulai dari baling-baling perahu yang tersangkut sampah, sampai dengan warga yang berada di dalam-dalam permukiman. Karena kan situasi di dalam gelap," lanjutnya.

Menurut Bambang, sejumlah kendala tersebut semestinya tak terjadi jika warga yang berada di bantaran Sungai Ciliwung bersedia dipindahkan sejak ketinggian air belum setinggi sekarang. Meski demikian, pihaknya tetap semaksimal mungkin melakukan tanggung jawab.

Informasi dari Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Timur, Idris DN, ketinggian muka air di Bendung Katulampa pukul 22.00 WIB mencapai 120 centimeter dengan kondisi cuaca grimis. Adapun di Pintu Air Depok mencapai 260 centimeter dengan cuaca grimis.

Sementara, hingga pukul 24.00 WIB, jumlah warga yang telah mengungsi lebih dari 4.000 jiwa. Para pengungsi menempati 16 posko pengungsian, diantaranya adalah Kantor Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur dan Rumah Sakit Hermina. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.