Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Seleher Genangi Kawasan Karet Tengsin

Kompas.com - 16/01/2013, 00:46 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur Jakarta sepanjang Selasa (15/1/2013) hingga tengah malam ini telah membuat banjir di sejumlah kawasan Ibu Kota. Kawasan Karet Pasar Baru Barat I, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat salah satunya. Kawasan ini sudah tergenang mencapai leher orang dewasa, dan ratusan orang mengungsi.

Daerah yang memang langganan banjir bila hujan tiba ini sudah digenang sejak sore ketika hujan turun. Banjir yang menggenangi 1 RW dan 18 RT ini mencapai ketinggian leher orang dewasa. "Kalo di jalan utamanya sih seperut, tapi kalau di gang-gangnya udah seleher," ujar Herman, warga Karet Pasar Baru Barat 1.

Herman mengaku, ketinggian air di dalam rumahnya, yang terletak di jalan utama sudah mencapai di atas perut orang dewasa. Untuk menjaga keselamatan, para warga yang rumahnya sudah terendam banjir mengungsi ke rumah susun yang jaraknya tak jauh dari lokasi banjir.

"Yang mengungsi kebanyakan ibu-ibu dan anak-anak. Kalau orang dewasanya sih pada masih bertahan di lantai dua,"  kata dia.

Sampai saat ini ketinggian air di daerah ini masih belum ada tanda-tanda akan surut walaupun hujan sudah berhenti. Bantuan-bantuan dari pemerintah seperti kapal dan bahan-bahan makanan masih diharapkan. "Bantuan belom ada, kalau kapalnya sih emang punya anak-anak sini bikin. Soalnya daerah sini langganan banjir," kata Herman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com