Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Ton Sampah Tertahan di Kolong Jembatan Kalibata

Kompas.com - 16/01/2013, 11:43 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Puluhan ton sampah masih tertahan di kolong fly over Kalibata, Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Ketinggian air yang hampir setinggi jembatan menyebabkan sampah tertahan di badan jembatan.

Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Selatan Zaenuri, menuturkan, jika diperlukan, pembersihan dapat dilakukan menggunakan alat berat dari Dinas Pekerja Umum. Namun, biasanya jika air surut, sampah dengan sendirinya akan hanyut menuju pintu air Manggarai yang sudah tersedia alat pengeruk.

"Memang ini kan masih perlu alat berat, nanti kita kordinasi dengan Dinas PU Tata Air untuk penanganan sampah. Kita laporkan dulu," kata Zaenuri yang ditemui di lokasi, Rabu (16/1/2013).

Ia mengakui, pembersihan sampah masih terkendala air Sungai Ciliwung yang belum surut. "Ini kendalanya karena belum surut. Makanya, kita perlu koordinasikan dengan dinas PU Air karena kalau sudah begini perlu alat berat dan truk. Tetapi, biasanya kalau sudah surut, dengan sendirinya sampah akan sampai di pintu air Manggarai. Kalau di sana, sudah ada crane sama beko-nya," ujar Zaenuri.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sampah tertahan pada bagian kanan badan jembatan. Berbagai material dari mulai kasur, gabus, batang pohon berbagai jenis, kayu, plastik, dan sampah-sampah lainnya menumpuk tertahan jembatan. Belum ada upaya-upaya pembersihan atau penanganan terhadap sampah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com