Kompas.com - 16/01/2013, 12:54 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 1.000 buruh anggota Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melakukan demonstrasi di pintu barat Mapolda Metro Jaya, Rabu (16/1/2013). Dalam aksinya, mereka menuntut ketegasan kepolisian untuk menindak tegas premanisme di kawasan industri.

"Sangat-sangat memalukan kalau tindakan premanisme dibiarkan. Orang bawa pedang tidak ditangkap, sementara buruh cuma melindungi diri dengan ranting-ranting," kata seorang orator aksi demo dengan menggunakan pengeras suara.

Ia juga menyuarakan kekesalannya pada sikap polisi yang dianggap pilih kasih dalam menyikapi laporan yang masuk ke kepolisian oleh buruh. "Kalau pengusaha yang memasukkan laporan, cepat sekali diproses, langsung di-BAP (berita acara pemeriksaan). Kalau buruh yang melapor malah ntar-sok, ntar-sok," kata si orator di hadapan para petugas polisi yang berjaga dari dalam Mapolda Metro Jaya.

Pantauan Kompas.com, akibat aksi demo itu akses jalan menuju Blok M tertutup kecuali jalur transjakarta yang tetap beroperasi. Akibatnya sejumlah bus kota dan kendaraan pribadi terpaksa menggunakan jalur transjakarta. Arah sebaliknya ke arah Semanggi juga terpantau padat merayap.

Berita terkait, baca :

DEMO BURUH

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.