Kompas.com - 17/01/2013, 08:21 WIB
EditorKistyarini

TANGERANG, KOMPAS.com - Jalan tol Tangerang - Merak kembali terendam banjir dan kali ini terjadi di Kilometer 38, meski masih dapat dilalui kendaraan, Kamis (17/1/2012).

"Banjir terjadi karena Sungai Cimanceuri-Balaraja yang melewati jalan tol meluap," kata Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandala Sakti, Indah Permana Sari, di Jakarta, Kamis.

Indah mengatakan, banjir terjadi sejak Rabu (16/1/2013) dengan ketinggian air sampai 40 sentimeter untuk jalur B (Merak - Jakara), sedangkan arah sebaliknya ketinggian air 10 sentimeter.

Menurut dia, PT MMS bersama kepolisian mengatur lalu lintas untuk kendaraan besar di jalur 1 (jalur lambat), sedangkan kendaraan kecil di jalur 2 (jalur cepat). Sedangkan untuk arah sebaliknya seluruh lajur masih dapat dilewati semua kendaraan dengan ketinggiaan air rata-rata 100 sentimeter.

Akibat genangan yang terjadi di jalur B menimbulkan kemacetan yang sangat parah pada pukul 16.00 antrean kendaraan sudah mencapai di Kilometer 41.

Genangan itu tepatnya setelah akses keluar gerbang tol Balaraja Barat jalur B sedangkan panjang genangan sekitar 300 meter.  Indah mengatakan, genangan banjir di Kilometer 38 masih terjadi dengan ketinggian air sekitar 10 - 20 sentimeter sehingga dapat dilewati semua kendaraan.

Terkait dengan banjir di jalan tol Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ahmad Gani Ghazali berjanji untuk berkoordinasi dengan Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PU.

"Mereka yang memiliki kewenangan dalam menata sungai termasuk menata kembali lingkungan di hulu sungai," kata Ghani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.