Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkokesra: Banjir Kali Ini Lebih Besar dari 2007

Kompas.com - 17/01/2013, 13:34 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono menjelaskan bahwa banjir yang melanda Jakarta saat ini lebih besar daripada banjir yang merendam Jakarta pada 2007 lalu.

"Jumlah volume air yang masuk ke DKI ini lebih besar dari 2007," kata Agung seusai menggelar rapat lintas sektoral bersama pihak-pihak terkait untuk menanggulangi banjir di Jakarta, di Balaikota Jakarta, Kamis (17/1/2013).

Mengingat volume air yang masuk ke Jakarta sangat tinggi, Agung Laksono mengimbau seluruh warga korban banjir yang masih bertahan di rumahnya untuk segera mengungsi ke posko-posko yang telah disediakan.

Pemprov DKI telah mendirikan posko di 68 titik banjir, termasuk posko bencana nasional yang didirikan di Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta Selatan.

Dalam catatan Menkokesra, sedikitnya 19.000 warga mengungsi dari 85.000 warga yang terkena dampak banjir di seluruh Jakarta.

Gubernur DKI Joko Widodo menyatakan, Jakarta masuk dalam posisi tanggap darurat sampai 27 Januari 2013.

"Yang masih bertahan di rumah kami imbau untuk segera ke pengungsian. Posko pengungsian tentu tak senyaman di rumah, tetapi sudah kami buat layak," ujar Agung.

Untuk penanggulangan banjir ini, Agung Laksono memimpin rapat lintas sektoral bersama Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Kepala BNPB Syamsul Maarif, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim, serta Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Ikuti perkembangan informas banjir di Jakarta dalam topik pilihan "Banjir Rendam Jakarta"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com