Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkokesra: Pemerintah Siap Atasi Banjir Jakarta

Kompas.com - 17/01/2013, 14:49 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah pusat langsung menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beserta pihak lain yang terkait dengan penanggulangan banjir di Ibu Kota. Hasilnya, pemerintah pusat dan Pemprov DKI mengklaim siap mengatasi dengan menempuh beberapa langkah jangka pendek, menengah, serta jangka panjang.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono menyampaikan, semua pengungsi yang jumlahnya mencapai belasan ribu orang saat ini memerlukan fasilitas seperti tenda, fasilitas MCK, selimut, alas tidur, kipas angin, dan tentunya logistik bahan makanan serta obat-obatan.

"Kita siap dan semuanya berangsur-angsur dipenuhi," kata Agung seusai memimpin rapat di Balaikota Jakarta, Kamis (17/1/2013).

Rapat itu dihadiri Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Kepala BNPB Syamsul Maarif, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim, serta Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Agung Laksono juga meminta aparat kepolisian membantu mengamankan lokasi banjir, termasuk menjaga ketertiban di lokasi pengungsian.

"Istilahnya, jangan sampai warga mengungsi malah rumahnya kecurian. Itu kita minta polisi untuk membantu keamanannya," ujar Agung.

Dalam kesempatan itu, Agung juga membeberkan rencana jangka menengah dan jangka panjang terkait penanggulangan banjir di Jakarta. Langkah-langkah yang disiapkan bersiap pencegahan untuk mengurangi dampak banjir di waktu yang akan datang, yakni pembersihan drainase, pembangunan bendung, dan normalisasi sungai.

"Dalam waktu cepat, satu sampai dua tahun, akan selesai, dampaknya akan membantu mengurangi bencana banjir," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com