Kompas.com - 17/01/2013, 14:57 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Tidak beroperasinya sebagian besar bus umum, Kopaja, Metromini, dan bus transjakarta membuat banyak pengguna angkutan umum di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (17/1/2013), menumpuk di halte. Saat ada bus datang, mereka langsung menyerbu. 

Pemantauan Kompas pukul 11.00-12.00 WIB di sepanjang jalan utama Jakarta itu, sejumlah bus yang nekat jalan terjebak kemacetan parah mulai Pintu Satu Senayan hingga Bundaran Hotel Indonesia. Kemacetan tak hanya dialami mobil, tetapi juga sepeda motor.

Kemacetan dipicu banjir yang menggenang di sejumlah ruas jalan, termasuk di sekitar Bundaran Hotel Indonesia. Jalan Bendungan Hilir dari arah Jalan Jenderal Sudirman tergenang banjir hingga setinggi paha orang dewasa.

Jalur lambat Jalan Jenderal Sudirman di Bendungan Hilir pun hanya berfungi satu ruas jalur. Diliburkannya sejumlah aktivitas perkantoran membuat banyak pekerja pulang sejak pagi. Namun karena tak ada angkutan umum atau kemacetan parah di sepanjang jalan pusat bisnis Jakarta itu, banyak orang memilih berjalan kaki.

Cara itu terbukti lebih efektif ketimbang menunggu angkutan umum datang atau mengendarai kendaraan. Namun, mereka yang berjalan di trotoar tetap harus berhati-hati. Sejumlah pengendara motor yang tak sabar menghadapi kemacetan memaksa melewati trotoar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.