Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Lumpuh, Penumpang Menumpuk di Halte

Kompas.com - 17/01/2013, 14:57 WIB
M Zaid Wahyudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tidak beroperasinya sebagian besar bus umum, Kopaja, Metromini, dan bus transjakarta membuat banyak pengguna angkutan umum di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (17/1/2013), menumpuk di halte. Saat ada bus datang, mereka langsung menyerbu. 

Pemantauan Kompas pukul 11.00-12.00 WIB di sepanjang jalan utama Jakarta itu, sejumlah bus yang nekat jalan terjebak kemacetan parah mulai Pintu Satu Senayan hingga Bundaran Hotel Indonesia. Kemacetan tak hanya dialami mobil, tetapi juga sepeda motor.

Kemacetan dipicu banjir yang menggenang di sejumlah ruas jalan, termasuk di sekitar Bundaran Hotel Indonesia. Jalan Bendungan Hilir dari arah Jalan Jenderal Sudirman tergenang banjir hingga setinggi paha orang dewasa.

Jalur lambat Jalan Jenderal Sudirman di Bendungan Hilir pun hanya berfungi satu ruas jalur. Diliburkannya sejumlah aktivitas perkantoran membuat banyak pekerja pulang sejak pagi. Namun karena tak ada angkutan umum atau kemacetan parah di sepanjang jalan pusat bisnis Jakarta itu, banyak orang memilih berjalan kaki.

Cara itu terbukti lebih efektif ketimbang menunggu angkutan umum datang atau mengendarai kendaraan. Namun, mereka yang berjalan di trotoar tetap harus berhati-hati. Sejumlah pengendara motor yang tak sabar menghadapi kemacetan memaksa melewati trotoar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com