Kompas.com - 17/01/2013, 15:03 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua pompa di Waduk Melati Jakarta Pusat mati karena luapan air. Perangkat sensor pompa tersebut tidak berfungsi setelah ketinggian permukaan air tersebut terus meningkat.

Sampai Kamis (17/1/2013) pukul 12.30 ketinggian air di waduk ini mencapai 404 sentimeter (cm). Ketinggian permukaan ini paling tinggi dalam lima tahun terakhir.

"Saat banjir besar tahun 2007 pun ketinggian air tidak setinggi sekarang. Jika begini, banjir di kawasan pusat Jakarta semakin besar," tutur Marsudi (52), penanggungjawab Pompa Waduk Melati.

Luapan air di Waduk Melati berasal dari pembuangan dari Kali Cideng, Kali Gresik, saluran air dari kawasan Jalan H Mas Mansyur, Tanah Abang. Luapan ini menggenangi jalan lokal dan pemukiman warga sekitar.

Aktivitas ekonomi di kawasan Thamrin City terlihat lengang. Warga lebih banyak terfokus menyelamatkan barang, keluarga, maupun dirinya sendiri dari banjir.

"Waduk sudah penuh air, pemompaan ke Kanal Banjir Barat juga terhambat karena mesin pompa berkurang. Saya khawatir dampak banjir di pusat Jakarta semakin serius," tutur Marsudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.