Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lapangan Tenis DPR Akan Dijadikan Posko Pengungsi

Kompas.com - 18/01/2013, 12:58 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan mendirikan posko banjir di gedung Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, serta mengumpulkan bantuan bagi korban banjir DKI Jakarta.

"Kami akan buka posko banjir di DPR. Posko yang disiapkan ada di gedung bulu tangkis, lapangan tenis, dan ruang pertemuan masjid," ucap Ketua DPR Marzuki Alie, Jumat (18/1/2013).

Ia menuturkan, posko itu akan ditujukan untuk penampungan dan dapur umum bagi para pengungsi korban banjir. Sosialisasi yang dilakukan saat ini, Marzuki mengakui, baru melalui running text di televisi.

Jaka Dwi Winarko dari Humas Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR menambahkan, pihaknya mulai mempersiapkan pendirian posko itu. Jumat siang ini, sejumlah pegawai Setjen tengah memantau kesiapan dan kondisi lapangan tenis yang akan dipakai untuk para pengungsi. Lapangan tenis indoor itu diperkirakan bisa menampung sekitar 1.000 pengungsi.

"Kami mulai bergerak mendata kebutuhan obat-obatan dan logistik yang diperlukan masyarakat nanti," ucap Jaka.

Setjen DPR pun bersikap proaktif mendatangi lokasi banjir untuk menjemput para korban. "Kami sediakan bus-bus dari Setjen. Kalau perlu dijemput, kami siapkan," katanya.

Untuk membantu para korban banjir, Jaka memastikan tidak akan menggunakan kas negara. Dana bantuan kemanusiaan itu dikumpulkan dari sumbangan para politisi DPR dan karyawan-karyawan. Jika nantinya hanya sedikit pengungsi yang datang ke posko banjir di DPR, bantuan baik berupa uang tunai maupun barang akan diserahkan langsung ke korban bencana banjir.

Korban ataupun kerabat korban banjir yang membutuhkan informasi lebih lanjut soal posko banjir di DPR bisa menghubungi Jaka Dwi Winarko di nomor 08128308305.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com