Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Lokasi Banjir Disebabkan oleh Lilin

Kompas.com - 18/01/2013, 13:38 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Insiden kebakaran yang melanda sebanyak 14 rumah di RT 15 RW 03, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (18/1/2013) siang, disebabkan oleh lilin. Api pun merembet ke bangunan semipermanen lain.

"Diperkirakan dari rumah Pak Joni Pijar, yaitu dari lilin untuk penerangan," ujar Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Timur, Idris DN, kepada wartawan di lokasi kejadian.

Idris menuturkan, saat kebakaran, seluruh pemilik rumah tengah mengungsi akibat banjir setinggi pinggang orang dewasa, kecuali Joni. Petugas menduga, ia menggunakan lilin sebagai alat penerangan. Pasalnya, listrik di area permukiman tersebut telah diputus oleh PLN.

Sayangnya, titik api tak disadari warga yang tengah sibuk di posko pengungsian. Titik api kemudian membesar serta merembet beberapa rumah berjenis semipermanen di sekitarnya.

"Api hanya membakar rumah bagian atas karena kan bawahnya lagi tergenang banjir," ujarnya.

Menurut Idris, api berhasil dijinakkan satu jam kemudian dengan mengerahkan 16 unit mobil pemadam kebakaran. Namun, lokasi kebakaran yang berada di tengah permukiman menyulitkan petugas untuk memadamkan api. Petugas dan warga pun sampai menaiki atap rumah yang bersebelahan dengan lokasi kebakaran untuk memadamkan kobaran si jago merah.

"Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Kita juga sedang cari pemilik rumah yang diduga menjadi penyebab munculnya api," ujarnya.

Dalam musibah kebakaran tersebut, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Nilai tersebut kebanyakan berasal dari barang-barang pemilik rumah yang disimpan di lantai dua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com