Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian PU Siapkan Toilet Sistem Bongkar Pasang

Kompas.com - 18/01/2013, 20:01 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pihak Kementerian Pekerjaan Umum (PU) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, menyiapkan toilet sistem bongkar pasang (knock down) andai ada kebutuhan amat mendesak terkait mandi, cuci, kakus (MCK) di lokasi-lokasi pengungsian. Kendati begitu, sejak kemarin, dengan menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sudah disiapkan 2 unit mobil tangki air berkapasitas 4.000 liter dan 1 unit mobil toilet di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur.

Kemudian, seturut data yang disampaikan Jumat (18/1/2013), 1 unit mobil tangki air berkapasitas 4.000 liter dan 1 unit toilet mobil juga sudah ditempatkan di Rawajati, Jakarta Selatan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Cipta Karya Budi Yuwono mengatakan bantuan-bantuan lain juga sudah disiapkan yakni 12 unit mobil tangki air, 15 buah genset, dan 3 unit mobil toilet. Selain itu, Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Darurat Bencana, imbuhnya, akan memfokuskan bantuan ke empat wilayah DKI Jakarta yang terlanda banjir. Secara rinci, ada enam tempat di Jakarta Timur yang menjadi perhatian yakni Kampung Pulo, Jatinegara, Cililitan, Cawang, Bidara Cina, dan Kebon Manggis.

Lalu, di Jakarta Selatan ada lima tempat yakni Kalibata, Rawajati, Pengadegan, Kebon Baru, dan Bukit Duri. Di Jakarta Pusat, juga ada lima fokus yakni Istana Negara, Kompleks PU Pejompongan, Cikini, Petamburan, dan Cideng. Terakhir, tiga lokasi di Jakarta Barat yang mendapat bantuan adalah Rawa Buaya, Cengkareng, dan Kedoya Utara.    

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com