Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat Malam, Jakarta Tak Lagi Macet

Kompas.com - 18/01/2013, 21:56 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasca banjir yang merendam Bundaran Hotel Indonesia (HI), suasana Jumat malam yang biasanya padat di seputar ikon khas Ibu Kota tersebut tampak lengang. Gedung-gedung pencakar langit yang berdiri di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga perempatan Bank Indonesia terlihat gelap karena tak beroperasi.

Salah seorang pekerja resto siap saji yang ada di Jalan MH Thamrin, Adelia, mengatakan bahwa sesuai dengan kebijakan gedung yang ditempati, resto yang biasanya buka 24 jam ini terpaksa harus tutup pada pukul 22.00 WIB. Kemudian diperbolehkan untuk kembali buka pada pukul 07.00 WIB esok.

"Tadi pagi ada pemberitahuan bahwa hanya bisa buka sampai jam sepuluh saja. Karena listrik yang menyala sekarang pakai genset," kata Adelia kepada Kompas.com, Jumat (18/1/2013).

Pantauan Kompas.com, pusat perbelanjaan Sarinah yang biasanya ramai kini tampak gelap lantaran tak beroperasi. Kemudian sepanjang jalan protokol juga tak tampak para karyawan kantor yang biasanya masih menanti angkutan umum untuk pulang.

Tidak hanya itu, halte bus transjakarta yang biasanya padat juga tampak sepi. Lalu lintas yang biasanya macet pada Jumat malam juga terpantau lancar sejak pagi tadi.

Hal ini jarang terjadi di Jakarta pada hari kerja seperti ini. Namun, pascaperistiwa banjir yang menghentikan denyut jantung perekonomian Ibu Kota untuk sementara pada Kamis lalu membuat sejumlah kantor mengambil kebijakan meliburkan karyawannya pada akhir pekan ini.

Meski kondisi lalu lintas terbilang lancar, para pengendara tetap diimbau untuk berhati-hati karena sepanjang Jalan MH Thamrin masih cukup berpasir dan terdapat sedikit lumpur di pinggir jalannya.

Selain itu, lampu pengatur lalu lintas juga masih tak berfungsi sehingga sebaiknya tetap berkendara dengan kecepatan normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com