Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penanganan Belum Merata

Kompas.com - 18/01/2013, 21:58 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penanganan banjir hingga hari kedua status darurat banjir belum sepenuhnya padu. Sebagian wilayah belum tersentuh bantuan maupun petugas penolong. Sementara di tempat lain, petugas dan logistik lebih banyak.

"Memang benar, perhatian lebih banyak ke kawasan Cawang, Cililitan, Kampung Melayu, Bidara Cina, dan sekitarnya. Kami akan benahi seiring dengan peningkatan status menjadi darurat banjir," kata Kepala Seksi Informatika Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bambang, Suryo Putro, Jumat (18/1/2013) di Jakarta.

Menurut catatan BPBD, beberapa lokasi banjir yang belum tersentuh pertolongan ada di RW 12 Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Padahal lokasi tersebut terdapat pengungsi banjir. "Air di kawasan ini cenderung meningkat, kami belum mendapat permintaan dan laporan dari warga," katanya.

Informasi tersebut penting untuk mempercepat penanganan bencana. Namun seringkali informasi seperti ini sering terlambat masuk. Padahal alat komunikasi sudah tersedia di tingkat kelurahan. Di ruang komunikasi BPBD DKI, hanya terdapat dua sambungan telepon dan satu mesin faks.

"Penanganan bisa menjadi lebih cepat jika alat komunikasi lebih banyak," kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com