Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yance Ajak Masyarakat Doakan Korban Banjir

Kompas.com - 18/01/2013, 22:20 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -- Calon Gubernur Jabar, Irianto MS Syafiuddin alias Yance mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendoakan para korban banjir. Cagub Jabar asal Partai Golkar tersebut berharap seluruh masyarakat Indonesia yang terkena banjir bisa mengambil hikmah dari bencana ini.

"Mudah-mudahan para korban bencana banjir diberikan ketabahan dan kesabaran, dan bisa mengambil hikmah dari setiap bencana," jelasnya melalui siaran persnya, Jumat (18/1/2013).

Menurut Yance, banjir disebabkan curah hujan yang tinggi namun tidak diimbangi daya serap. "Bayangkan saja banyaknya pembangunan gedung, perumahan, tapi tidak memikirkan penyerapan air," katanya.

Yance mengatakan pemerintah dan masyarakat harus berperan aktif dalam mengatasi bencana banjir. Pasalnya, jika tidak bahu-membahu untuk mengatasi banjir, maka akan terjadi bencana banjir secara terus-menerus setiap tahun.

"Curah hujan yang tinggi kan pasti akan terjadi setiap tahunnya, seharusnya menjadi sebuah pelajaran bagi seluruh masyarakat dan juga pemerintah," katanya.

Untuk mencegah kejadian serupa, Yance menyatakan baik pemerintah maupun masyarakat harus sama-sama sadar lingkungan. "Peran pemerintah sendiri harus mengontrol pembangunan, jangan sampai tempat penyerapan air dibangun, situ-situ juga jangan sampai dihilangkan demi pembangunan. Masyarakat juga harus disiplin, jangan membuang sampah ke sungai atau selokan," imbaunya.

Dalam kesempatan tersebut Yance mengatakan bahwa di Indramayu tidak pernah terjadi banjir, padahal kabupaten Indramayu adalah daerah dataran rendah.

"Di Indramayu selalu ada pengerukan selokan dan gorong-gorong secara rutin, dengan begitu selokan tetap dalam sehingga air tidak meluap. Selain itu kesadaran masyarakat tidak membuang sampai ke sungai, cukup tinggi. Makanya meski selokan, airnya tetap bersih dan tidak bau sampah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com